Tugas 3 Animasi 2D

by - September 20, 2016



Halo, akhirnya sudah memasuki minggu ke 4 mata kuliah animasi. Pada hari Selasa, 20 September 2016 tugas animasi 2D dari dosen saya yaitu mengikuti tutorial dari Dope Motion. Jujur, waktu saya lihat tutorialnya sangat menarik. Hal itu membuat saya semakin penasaran. Dosen saya menugaskan untuk membuat motion grafis dari 3 tutorial yang telah diberikan. Tetapi beliau tidak memberi batasan atau menargetkan kami harus membuat semuanya. Sebisa kami mengerjakan, itulah yang dibuat laporan.

Selanjutnya, saya mulai memahami masing-masing dari tutorial tersebut. Yang pertama, saya mengerjakan tutorial motion grafis yang circle elements. Saat pengerjakan ada beberapa bagian yang membuat saya bingung, karena hasil karya saya beda dengan tutorial dan milik teman saya. Akhirnya saya perbaiki lagi dan mulai bertanya pada teman saya. Dan jadilah hasil yang memuaskan. Meskipun tidak sebagus yang ditutorial, tapi buat saya tidak masalah karena saat ini saya masih dalam taham belajar.

Berikut hasil akhir dari motion grafis circle element



Untuk tutorial kedua, motion grafis circle bursts. Pada awal pengerjaan, sangat mudah sepertinya. Saat sudah memasuki tutorial bagian tengah, semua projek saya menjadi berantakan. Saya bingung karena projek saya sudah benar-benar sama persis dengan tutorial tapi hasilnya berbeda. Padahal menurut saya tinggal sedikit lagi langkah saya untuk mencapai hasil. Tetapi apa daya saya sudah menyerah di turial kedua ini. Padahal teman saya bilang kalau tutorial kedua lebih gampang karena cuma copy-paste. Karena pada tutorial kedua saya belum berhasil, jadi tidak ada videonya.
Dan yang terakhir adalah tutorial ketiga, motion grafis pop up circle. Saya paling tertarik untuk membuat tutorial ketiga ini. Karena saya melihat hasilnya pun sudah senang, berwarna-warni, dan unik. Dengan langkah pasti saya mengikuti tutorialnya. Awal pembuatannya hanya tumpukan beberapa lingkaran. Ternyata dari setiap lingkaran ada efeknya lagi yang membuat mereka terlihat berbeda dan menurut saya sangat unik. Alhamdulillah saat mengerjakan tutorial ketiga ini berjalan dengan lancar. Hanya saja hasil akhir projek saya tidak ada logonya, berbeda dengan yang ada di tutorial ada logo dobe motionnya.

Berikut hasil akhir dari motion grafis pop up circle



Nah, sekian penjelasan dan curcol saya tentang praktikum animasi 2D. Semoga kedepannya projek yang diberikan oleh dosen saya bisa saya kerjakan dengan maksimal. Aamiin.

You May Also Like

0 comments