Tugas 2 Animasi 2D

by - September 12, 2016

Pada hari Selasa, 13 September 2016 saya mendapat tugas untuk membuat animasi 2D. Awalnya saya bingung, karena dosen saya hanya memberi contoh sebuah animasi yang haru dibuat, tetapi tidak memberi cara-cara membuatnya. Dan ternyata salah satu teman saya dalam hitungan detik sudah selesai mengerjakan dan hasilnya sama persis dengan apa yang dicontohkan dosen saya. Lalu saya betanya pada dia bagaimana cara membuatnya.


Pertama-tama, setelah membuat compesition baru lalu membuat shape berbentuk lingkaran yang saya beri warna biru, setelah itusaya membuat lingkaran kecil berwarna putih. Lingkarang kecil berjumlah 8, tetapi saya hanya membuatnya hanya 1, lalu saya membuat lingkaran tersebut menjadi 8 dengan cara mengklik lingkaran tersebut, klik add pada layer, setelah itu klik repeater. Lalu klik repeater pada layer, ada menu copy, isi dengan angka 8. Dengan begitu lingkaran kecil berwarna putih menjadi 8 buah. Pada awalnya, lingkaran putih tersebut posisinya tidak membentuk sebuah lingkaran tetapi memanjang. Jadi caranya untuk membuat lingkaran kecil tersebut membentuk sebuah lingkaran dengan cara mengubah aturan position, rotation, dan anchor pointnya. Akhirnya lingkaran kecil pun tersusun membentuk sebuah lingkaran.

Setelah saya membuat shapenya, lalu saatnya menggerakkan shape tersebut. Posisi lingkaran kecil berada didalam lingkaran besar. Lalu saya menggerakkan lingkaran kecil tersebut dengan cara membuat keyframe dengan stopwatch menu rotation. Saat itu saya bingung, karena lingkaran kecil bergerak dua macam, yang pertama bergerak memutari lingkaran besar, dan yang kedua susunan lingaran kecil itu juga berputar. Lalu saya bertanya lagi dengan teman-teman saya. Ternyata ada beberapa dari mereka menggunakan position, padahal kata teman saya yang satunya ada cara yang lebih cepat. Cara tersebut yaitu dengan cara menggunakan rotation. Hal tersebut ternyata cukup ribet juga, karena poros lingkaran yang digunakan untuk berputar juga harus di atur. Setelah dengan ketelatenan akhirnya tugas saya selesai juga.

Nah, begitulah pengalaman saya dalam praktikum animasi 2D kedua ini. Semoga rasa ketertarikan saya terhadap animasi semakin bertambah. Ternyata membuat sebuah animasi itu seru, memadukan ide, ketelatenan, yang pasti harus paham betul apa yang akan kita buat dan bagaimana caranya

Untuk hasil tugas animasi 2D yang saya buat bisa klik disini



 
 

You May Also Like

0 comments