Tugas 1 Animasi 2D Bouncing Ball

by - September 06, 2016

Pada praktikum animasi 2D pada hari Selasa, 7 September 2016 saya diberikan tugas untuk membuat sebuah animasi sederhana yaitu bouncing ball dengan menggunakan Adobe After Effect. Hari ini adalah praktikum pertama pada kelas saya tentang animasi 2D. Sejujurnya saya tidak pernah mengetahui bagaimana cara mengoperasikan adobe after effect dan membuat sebuah animasi pada adobe after effect.
Langkah pertama saya adalah mencari tutorial cara membuat animasi bouncing ball dengan adobe after effect di youtube da beberapa artikel melalui google. Setelah saya melihat tutorial, mulailah saya membuat animasi bouncing ball tersebut . saya mulai membuat projek baru pada fter effect. Langkah berikutnya membuat shape lingkarang sebagai bolanya. Lalu saya tetap melihat tutorial untuk menggerakkan bolanya. Dengan meng-klik keyframe pada position lalu shape lingkaran tersebut digerakkan mengunakan kursor sesuai dengan yang saya inginkan. Setelah saya membuat suatu jalur untuk bolanya, lalu saya memberi sedikit kreasi pada saat bola tersebut jatuh, bola akan berubah bentuk. Langkahnya adalah dengan cara meng-klik keyframe pada scale lalu dirubah bentuk bola tersebut sesuai yang saya inginkan. Awalnya saya masih bingung untuk merubah bentuk bola tersebut, akhirnya saya menanyakan pada teman saya. Karena teman saya sudah sangat berpengalaman membuat animasi dengan after effect. Selanjutkan karna saya sudah mengerti saya melanjutkan tugas tersebut. Ternayata ada beberapa masalah lagi, yaitu saya merasakan pantulan dari bola yang saya buat kurang halus. Saya diberi saran oleh teman saya, keyframe untuk jalur bola di blok semua atau di select semua lalu di klik F9. Alhamdulillah ternyata sangat membantu karena pantulan bola saya terlihat halus.
Begitulah pengalaman saya pada praktikum animasi 2D pada hari ini. Dengan pertama kalinya membuat sebuah animasi sederhana, membuat saya tertarik untuk mempelajari lebih lanjut membuat semua animasi atau motion graphics dengan menggunakan adobe after effects. Semoga pada praktikum selanjutnya saya ebih mengerti dan paham cara membuat sebuah animasi sederhana dengan adobe after effects.

Untuk mengetahui hasil yang saya buat bisa klik disini.



You May Also Like

0 comments