Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material
1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.
2. Alat
- Adobe Illustrator CC
- Maxon Cinema 4D R16
- Time Lapse Assembler
3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya
4. Dasar Teori
- Perbedaan Motion Guide pada Flash dengan Camera Path
Motion guide adalah salah satu fasilitas dari flash yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat. Fasilitas ini merupakan lanjutan dari motion tween. Fasilitas ini sangat cocok digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian dalam pergerakan yang dikehendaki atau sesuai keinginan. Sedangkan Camera Path memiliki fungsi untuk menggeser kamera. Terdapat dua jenis camera path, yaitu Track XY Camera dan Track Z Camera. Track XY Camera berfungsi menggeser titik kamera pada bidang XY ke kiri, kanan, atas, bawah. Track Z Camera berfungsi menggeser titik kamera menjauhi atau mendekati ke objek.
- Physical Sky dan Area Light
- Material pada Cinema 4d
5. Tugas Praktikum
Pada logo yang telah dibuat sebelumnya, menambahkan:
- Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
- Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum :
7. Hasil Praktikum
Screen Record
Hasil Render
Hasil Render
8. Kesimpulan
Pada Praktikum kali ini, saya belajar banyak hal. Mulai dari Camera path, Physical light. Area Light. dan juga penambahan material yang berfungsi untuk pewarnaan pada object yang kita buat.Kesulitan yang saya hadapi adalah ketika mengatur area light yang pas agar sesuai dengan yang saya hendaki karena ada beberapa aspek yang harus diatur seperti penempatan cahaya yang pas dan pemilihan physical sky yang tepat.
0 comments